Membeli Tanah Yang Belum Pecah Sertifikat

tip membeli tanah

tip membeli tanah

Mungkin anda sudah mengetahui tip berbisnis properti seperti ini

Ilustrasi :

Si A menjual tanah seluas 375 meter

Si B selaku pembeli tanah pertama tetapi hanya membeli tanah seluas 300 meter

Si C selaku pembeli kedua membeli tanah seluas 75 meter

Karena ada dua pembeli maka harus ada pemecahan tanah yang nantinya akan menjadi dua sertifikat dengan luas 300 meter akan menjadi milik Si A dan yang 75 meter akan menjadi milik Si B

Si A selaku penjual memberi kwitansi pembelian tanah seluas 300 meter kepada Si B dan Si A siap kapan saja ke notaris untuk melakukan proses jual beli tetapi karena SI B sedang sibuk maka untuk ke notaris di tunda dulu , setelah beberapa waktu tanah yang 75 meter terjual kepada Si C dan langsung di beri kwitansi selanjutnya pada keesokan harinya Si A dan Si C ke notaris untuk mengurus balik nama sertifikat tanah dan juga pemecahan tanah yang semuala 375 meter di pecah menjadi 300 meter milik Si B dan 75 meter milik Si C . Karena Si B lagi ada keperluan bisnis maka Si B tidak ikut ke notaris tetapi akan datang ke notaris di lain waktu. Akhirnya hanya Si A dan Si C yng ke notaris dan SI C melengkapi persyaratan dan biaya balik nama serta pemecahan tanah dan juga melakukan tanda tangan di depan notaris dan selanjutnya mendapat informasi beberapa bulan kedepan sertifikat tanah tersebut sudah jadi dan bisa di ambil.

Kasusnya terjadi setelah waktu yang di tentukan Si C menghubungi pihak notaris lewat telp , katanya sertifrikat tersebut belum bisa di proses di karenakan Si B belum datang untuk mengurus dan melengkapi data yang di butuhkan. Akhirnya Si C yang merasa sudah melakukan kewajibannya tetapi ada masalah seperti ini maka mendatangi Si A dan menanyakan bagaimana masalah tersebut dan minta untuk segera menyelesaikannya dan untungnya Si A selaku penjual itu baik lalu besoknya segera mendatangi notaris dan mengurus segala yang di butuhkan untuk melakukan balik nama dan pemecahan sertifikat tersebut.

Saudara memang sertifikat tersebut pada akhirnya akan jadi juga tetapi ada kerugian masalah waktu yang harusnya sudah jadi menjadi belum jadi alias mundur waktunya. Bayangkan jika Si C butuh dana mendadak dan ingin menjual tanahnya apakah tidak kesulitan mendapatkan pembeli , memang benar tanah tersebut setelah di cek tidak dalam sengketa alias aman dan cuma mengalami kendala saat balik nama dan pemecahan sertifikat tersebut.

Jadi alangkah baiknya jika membeli tanah saudara periksa terlebih dahulu dan selanjutnya jika harus mengalami pemecahan tanah sebaiknya yang bersangkutan harus hadir bersama –sama sehingga proses balik nama dan pemecahan segera beres tidak mengalami penundaan.

Demikian informasi yang bisa saya berikan sekiranya bisa menjadi pelajaran bagi kita semua dalam membeli tanah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *