Cara Cek Sertifikat Tanah

cek sertifikat tanah

cek sertifikat tanah

Sebelum anda memutuskan untuk membeli tanah , anda harus pastikan terlebih dahulu bahwa anda sudah mengecek sertifikat tanah tersebut , anda pastikan tanah tersebut memiliki sertifikat asli dan tidak dalam sengketa .

Kenapa anda harus memastikan tanah tersebut memiliki sertifikat legalitas yang asli dan tidak dalam sengketa ? karena jika anda membeli tanah tanpa memeriksanya terlebih dahulu maka bisa jadi bukan keuntungan yang anda dapat melainkan kerugian yang akan anda dapatkan.

Dalam gambaran seperti ini , jika anda membeli tanah dalam sengketa maka anda akan mengurus tanah tersebut dengan yang bersangkutan , akan menempuh jalur hukum untuk mendapatkan hak anda karena anda sudah membelinya tetapi anda harus ingat untuk menempuh jalur tersebut anda harus mengeluarkan biaya yang banyak dan belum tentu tanah sengketa tersebut akan menjadi milik anda karena dalam pengadilan akan ditentukan pemilik yang sah berdasarkan bukti-bukti nyata , bayangkan jika besarnya dana yang anda keluarkan untuk mengurus lewat jalur hukum tersebut bisa untuk membeli tanah baru . Dalam hal ini berarti anda seharusnya bisa memiliki 2 tanah tetapi karena dalam sengketa anda malah sama sekali tidak memiliki tanah.

Untuk mengecek sertifikat tanah , anda harus melakukan dengan hati-hati agar tidak tersandung dengan masalah lainnya . Sebaiknya anda membeli tanah dengan legalitas Sertifikat Hak Milik ( SHM ) karena legalitas ini menurut saya yang paling tinggi dan pastikan tanah tersebut tidak memiliki sertifikat ganda / double ,karena saat ini banyak sekali tanah dengan sertifikat ganda yang akan membuat resah dan masalah anda.

Untuk mengatasi masalah tersebut maka artikel ini di buat supaya dapat bermanfaat untuk banyak orang

  1. Perikasa sertifikat tanah tersebut , lihat letak lokasi tanah tersebut dan sesuaikan luas tanah dan posisi tanah . Keterangan yang ada pada surat legalitas harus sama dengan tanah yang ada di lokasi , tetapi ini belum 100% aman.
  2. Anda datang ke BPN ( Badan Pertanahan Nasional ) , tanyakan tentang tentang sertifikat tanah tersebut , BPN tahu pasti bahwa tanah tersebut dalam sengketa atau tidak.Jika BPN menyatakan tanah tersebut bersih maka anda bisa melanjutkan proses jual beli.
  3. Meminta notaris atau PPAT untuk mengecek legalitas tanah , biasanya notaris tahu bahwa tanah tersebut dalam sengketa atau bersih. Notaris akan memastikan bahwa surat yang akan di jadikan AJB tersebut bersih dan tidak sedang dijaminkan ke bank

Dengan adanya artikel ini saya harapkan anda bisa lebih berhati-hati sebelum melakukan pembelian tanah lebih baik periksa dengan seksama agan terhindar dari penipuan sehingga anda tidak menyesal.

Terimakasih atas kedatangannya dan kami harapkan artikel ini berguna bagi anda dan bermanfaat untuk anda yang saat ini akan membeli property atau untuk referensi ilmu property anda , dan besok kami menunggu kunjungan anda lagi dengan artikel yang baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *